Perbedaan Efektivitas Media Promosi Kesehatan Leaflet dengan Video TOSS TB Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas
Abstract
Latar Belakang. Promosi kesehatan merupakan proses memandirikan masyarakat untuk merubah perilaku kesehatannya. Leaflet dan video dipilih sebagai media promosi kesehatan karena bernilai praktis dalam penyaluran informasi.
Objektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas media promosi kesehatan leaflet dengan video TOSS TB terhadap tingkat pengetahuan dan sikap masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Andalas.
Metode. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental dengan non-equivalen control group design. Terdiri dari tiga kelompok penelitian (kelompok leaflet, video, dan kontrol) dengan jumlah sampel 144. Analisis data dengan analisis univariat dan uji Mann Whitney serta uji Kruskal Wallis untuk analisis bivariat dengan kemaknaan statistik p < 0,05.
Hasil. Hasil analisis univariat menunjukkan masyarakat sebelum diberi intervensi memiliki tingkat pengetahuan baik dan sikap positif sebesar 85,42% dan 68,75%. Setelah diberikan intervensi menjadi 92,36% dan 74,30%. Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat perubahan signifikan sebelum dengan sesudah diberikan intervensi dengan perubahan rata-rata pengetahuan pada kelompok leaflet, video, dan kontrol adalah 0,588, 0,710, 0,114, dengan p value = 0,000. Serta pada sikap adalah 0,289, 0,477, 0,102, dengan p value = 0,000.
Kesimpulan. Media leaflet dan video berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap TOSS TB masyarakat dimana media video merupakan media yang paling efektif.
Kata Kunci: Promosi Kesehatan, Leaflet, Video, TOSS TB
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.