Panduan Penulisan

Author Guidelines

Sebelum menyiapkan dan mengirimkan naskah artikel, harap dicatat bahwa penulis tidak disarankan untuk menarik kertas yang dikirimkan setelah proses publikasi (tinjau, salin, tata letak, dll.). Selama ini, JIKESI telah menghabiskan sumber daya berharga selain waktu yang dihabiskan dalam proses. Harap siapkan naskah Anda sebelum dikirim, menggunakan pedoman berikut dan templat artikel di bawah ini:

Format
File artikel harus disediakan dalam format Microsoft Word. Kami saat ini tidak menerima format lain, seperti file LaTex atau PDF. 

Panjang artikel

Artikel maks 10 halaman, termasuk referensi dan lampiran. 

Judul artikel

Judul maksimum 12 (dua belas) kata. 

Detail Penulis dan Karangan

Semua nama penulis yang berkontribusi harus ditambahkan, dan nama mereka diatur dalam urutan publikasi yang benar. Alamat email yang benar harus diberikan hanya oleh penulis yang sesuai. Nama lengkap masing-masing penulis harus ada dalam format persis seperti yang akan ditampilkan untuk publikasi, termasuk atau mengecualikan nama tengah atau inisial yang diperlukan. Afiliasi dari masing-masing penulis yang berkontribusi harus benar pada nama masing-masing penulis. 

Kriteria kepengarangan adalah sebagai berikut; Kontribusi substansial terhadap konsepsi atau desain pekerjaan; atau perolehan, analisis, atau interpretasi data untuk pekerjaan; Merancang pekerjaan atau merevisinya secara kritis untuk konten intelektual yang penting; Persetujuan final dari versi yang akan diterbitkan; Kesepakatan untuk bertanggung jawab atas semua aspek pekerjaan dalam memastikan bahwa pertanyaan yang terkait dengan keakuratan atau integritas bagian pekerjaan apa pun diperiksa dan diselesaikan dengan tepat. 


Abstrak Terstruktur

Penulis harus menyediakan abstrak terstruktur, yang meliputi:

  • Tujuan
  • Desain / metode / pendekatan
  • Temuan / hasil
  • Kesimpulan

Maksimal 250 kata total tidak termasuk kata kunci. Itu harus dalam bahasa Inggris terlepas dari bahasa dalam konten artikel.


Kata kunci

Penulis harus memberikan kata kunci yang tepat dan pendek yang merangkum topik utama makalah ini. Jumlah kata kunci maksimum adalah 5 (lima) frasa.

 Organisasi Artikel

Badan artikel harus diatur (setidaknya) ke dalam struktur IMRaD sebagai berikut;

  • Bagian Pendahuluan (Introduction) memberikan latar belakang atau konteks penelitian yang memadai (masalah dan signifikansinya). Subjek tidak boleh ditulis secara luas. Diharapkan bahwa alasan atau tujuan penelitian (analisis kesenjangan), tujuan secara umum dan spesifik, dan hipotesis (jika ada) harus dinyatakan dengan jelas. Sajikan "state of the art" yang jelas dari subjek, yang membahas literatur dan konsep teoretis di baliknya. Latar belakang umum singkat dapat dimasukkan dalam artikel. Hadir setidaknya 5 (lima) karya terkait terbaru untuk mendukung kebaruan penelitian.
  • Bagian Metode (methods) memberikan rincian yang cukup untuk memungkinkan pekerjaan dihasilkan oleh seorang peneliti independen. Metode yang sudah diterbitkan harus dirangkum dan ditunjukkan dengan referensi. Jika mengutip langsung dari metode yang diterbitkan sebelumnya, gunakan tanda kutip dan kutip juga sumbernya. Setiap modifikasi pada metode yang ada juga harus dijelaskan. Tunjukkan subjek yang diamati, termasuk data demografis, jumlah responden, alasan pemilihan responden, dll. Jelaskan desain eksperimen, seperti prosedur eksperimen, survei, wawancara, karakteristik pengamatan, dll. Tulis prosedur penelitian lengkap. Pastikan bahwa penjelasan yang dibuat dalam artikel akan memungkinkan peneliti lain untuk mereproduksi karya, atau membuat penelitian lebih lanjut dari karya tersebut.
  • Hasil dan Diskusi (Results and Discussion). Tulis hasil dalam urutan logis. Hasil dengan temuan penting harus ada terlebih dahulu. Saat menyajikan hasil dalam tabel atau gambar, jangan ulangi semua konten itu dalam teks. Hanya sajikan ringkasan teks. Jelaskan hanya aspek-aspek baru dan penting dari penelitian ini. Jangan ulangi semua informasi dari bagian hasil atau bagian mana pun di atas. Batasan penelitian saat ini. Tulis masalah yang baru atau belum terpecahkan, untuk penelitian di masa depan. Bagian ini terdiri dari informasi tentang Apa / Bagaimana data yang disajikan diproduksi, tidak ada data mentah yang harus disajikan dalam artikel. Data yang dihasilkan disajikan dalam tabel, atau gambar dengan penjelasan tentang apa hasil / temuan dari pekerjaan. Bagian ini juga perlu membahas hubungan antara temuan dan konsep dasar atau hipotesis yang dibuat sebelumnya. Penulis juga harus mengungkapkan apakah ada argumen yang diperlukan terkait dengan karya lain dari peneliti lain. Tuliskan implikasi yang dibuat oleh penelitian yang berkaitan dengan teori atau aplikasi.
  • Bagian Kesimpulan. Kesimpulannya harus dikaitkan dengan judul dan tujuan penelitian. Jangan membuat pernyataan yang tidak didukung secara memadai oleh temuan Anda. Tuliskan perbaikan yang dilakukan pada bidang teknik industri atau sains secara umum. Jangan membuat diskusi lebih lanjut, ulangi abstrak, atau hanya daftar hasil dari hasil penelitian. Jangan gunakan poin berpoin, gunakan kalimat paragraf sebagai gantinya. 


Biografi dan Ucapan Terima Kasih

Mereka yang berkontribusi tetapi tidak memenuhi semua kriteria untuk kepenulisan tidak harus terdaftar sebagai penulis, tetapi mereka harus diakui di akhir teks. Hanya nama-nama orang tetapi bukan peran mereka yang harus ditulis di bawah bagian pengakuan. Penulis harus menyatakan semua sumber pendanaan penelitian eksternal dalam artikel mereka dan pernyataan ini harus muncul di bagian Ucapan Terima Kasih. Penulis yang ingin memasukkan hal ini harus menyimpannya bersama-sama dalam file MS Word untuk diunggah. Jika mereka harus dimasukkan, biografi profesional singkat maksimum 100 kata harus disediakan untuk masing-masing penulis.

Kategori Artikel

Penulis harus mengategorikan makalah mereka sebagai bagian dari informasi artikel. Kategori yang paling dekat menggambarkan makalah mereka harus dipilih dari daftar di bawah ini.

  1. Editorial: artikel yang membahas masalah medis dan kesehatan saat ini atau membahas tentang masalah medis dan solusi alternatif. Sistematika editorial adalah: judul, pengantar, isi makalah, kesimpulan dan bibliografi.
  2. Artikel penelitian: karya ilmiah hasil penelitian di bidang medis dan kesehatan yang berasal dari tesis atau jenis penelitian lainnya. Artikel-artikel penelitian yang sistematis adalah: Judul, abstrak dan kata kunci dalam bahasa Indonesia dan Inggris, pengantar, metode analisis, hasil, diskusi, kesimpulan dan bibliografi.
  3. Laporan kasus: artikel yang membahas kasus menarik atau kasus langka dan pengelolaannya. Sistematika artikel laporan kasus adalah: judul, abstrak dan kata kunci dalam bahasa Indonesia dan Inggris, pengantar, ilustrasi kasus, diskusi, kesimpulan, bibliografi.
  4. Tinjauan literatur: artikel yang mencakup semua jenis artikel ilmiah selain hasil penelitian. Tinjauan literatur meneliti teori, mengembangkan model, menggambarkan fakta atau fenomena dan menilai produk baru ilmu kedokteran atau kesehatan. Sistematika artikel tinjauan pustaka adalah: judul, abstrak dan kata kunci dalam bahasa Indonesia dan Inggris, pengantar, diskusi, kesimpulan, bibliografi.


Headings

Judul harus singkat, dengan indikasi yang jelas tentang perbedaan antara hierarki judul. Formatnya disediakan di template artikel.

Catatan / Catatan Akhir

Catatan atau Catatan Akhir hanya boleh digunakan jika benar-benar diperlukan dan harus diidentifikasi dalam teks dengan angka berurutan, dilampirkan dalam tanda kurung siku dan terdaftar di akhir artikel.

Gambar

Semua Gambar (grafik, diagram, gambar garis, halaman web / tangkapan layar, dan gambar foto) harus diserahkan dalam bentuk elektronik. Semua Angka harus berkualitas tinggi, dapat dibaca dan dinomori secara berurutan dengan angka Arab. Grafik dapat diberikan dalam warna untuk memudahkan penampilan mereka pada basis data online. Angka yang dibuat dalam MS Word, MS PowerPoint, MS Excel harus diberikan dalam format asli mereka. Gambar elektronik yang dibuat dalam aplikasi lain harus disalin dari perangkat lunak asal dan disisipkan ke dokumen templat MS Word. Gambar fotografi harus disisipkan di bagian utama artikel dan berkualitas tinggi.

Tabel

Tabel harus diketik dan dimasukkan dalam bagian utama artikel. Posisi tabel harus disisipkan dalam teks sedekat mungkin dengan titik referensi. Pastikan bahwa superskrip atau tanda bintang ditampilkan di sebelah item yang relevan dan tampilkan penjelasan yang sesuai sebagai catatan kaki pada tabel, gambar, atau pelat.

Referensi

JIKESI lebih memilih artikel yang merujuk terutama pada artikel jurnal, laporan penelitian, dan proses konferensi, daripada pada buku teks atau diktat untuk menunjukkan kebaruan artikel dalam subjek yang dibahas. Penggunaan Mendeley sebagai alat dalam referensi lebih disukai dan dianjurkan. Referensi harus diperiksa dengan teliti untuk kelengkapan, keakuratan, dan konsistensi.

Penulis harus mengutip publikasi dalam teks mengikuti gaya kutipan Vancouver.

template dapat diunduh disini