Gambaran Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Mahasiswa Kesehatan di Kota Padang Mengenai Vaksin COVID-19

  • Gustia Anugrahwati S1 Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang 25163, Indonesia
  • Dwitya Elvira Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, RSUP Dr. M. Djamil, Padang 25163, Indonesia
  • Yulistini Yulistini Bagian Pendidikan Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang 25163, Indonesia
  • Adrial Adrial Bagian Parasitologi, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang 25163, Indonesia
  • Hendriati Hendriati Bagian Ilmu Kesehatan Mata, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, RSUP Dr. M. Djamil, Padang 25163, Indonesia
  • Cimi Ilmiawati Bagian Farmakologi dan Terapeutika, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang 25163, Indonesia
Keywords: COVID-19, pengetahuan, sikap, tindakan, vaksin

Abstract

Latar Belakang: Keraguan terhadap vaksin COVID-19 dan kurangnya pengetahuan mahasiswa kesehatan dapat mempengaruhi keberhasilan herd immunity sehingga dibutuhkan berbagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya vaksinasi COVID-19.

Objektif: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan, sikap dan tindakan mengenai vaksin COVID-19 pada mahasiswa kesehatan di Padang, Indonesia.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain cross-sectional menggunakan teknik consecutive sampling pada bulan Maret-April 2022 dan didapatkan sebanyak 350 responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Data diperoleh dari kuesioner yang dibagikan melalui tautan Google form kemudian dianalisis menggunakan analisis univariat.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 58,6% responden memiliki pengetahuan yang baik, sebanyak 66,6% responden menunjukkan sikap positif dan sebanyak 52,9% responden menunjukkan tindakan yang cukup baik mengenai vaksin COVID-19.

Kesimpulan: Mayoritas mahasiswa kesehatan menunjukkan tingkat pengetahuan baik, sikap positif dan tindakan cukup baik terhadap vaksin COVID-19.

Published
2022-11-17
Section
Research Articles