Gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa Kedokteran Universitas Andalas selama Pandemi COVID-19
Abstract
Latar Belakang: Pandemi COVID-19 telah merubah cara pembelajaran di semua perguruan tinggi, termasuk pendidikan kedokteran, yakni dengan menggunakan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ). Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran motivasi belajar mahasiswa tahap sarjana di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas selama pandemi COVID-19.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain cross sectional study. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling, didapatkan sampel sebanyak 309 responden yang merupakan mahasiswa angkatan 2017, 2018, dan 2019. Motivasi belajar diukur dengan menggunakan kuesioner Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Hasil pengukuran disajikan dengan skala kategorik, yaitu motivasi tinggi, sedang, dan rendah.
Hasil: Analisis univariat menunjukkan bahwa 79% mahasiswa kedokteran Universitas Andalas memiliki tingkat motivasi belajar tinggi dan tidak ditemukan mahasiswa yang memiliki tingkat motivasi belajar rendah. Angkatan 2019 memiliki tingkat motivasi belajar tertinggi pada saat pandemi, yaitu sebesar 88,9% diantara angkatan mahasiswa aktif lainnya.
Kesimpulan: Mahasiswa kedokteran Universitas Andalas memiliki tingkat motivasi belajar sedang dan tinggi selama pandemi COVID-19, serta mahasiswa angkatan 2019 memiliki tingkat motivasi tinggi terbesar, yakni sebesar 88,9%.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.