Amoebic Liver Abscess with Empyema

  • Redo Kurniawan Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang 25163, Indonesia
  • Raveinal Raveinal Departemen Ilmu Penyakit Dalam Divisi Alergi Imunologi, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang 25163, Indonesia
  • Arnelis Arnelis Departemen Ilmu Penyakit Dalam Divisi Gastroenterologi dan Hepatologi, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang 25163, Indonesia
Keywords: Abses Hepar, Abses Hepar Amoeba, Empiema

Abstract

Pendahuluan: Abses hepar merupakan peradangan supuratif pada parenkim hepar yang dapat disebabkan oleh bakteri, jamur atau mikroorganisme seperti parasit. Kejadian amubiasis terjadi pada 10% dari populasi dunia dan paling umum terjadi pada daerah tropis dan subtropis. Penyakit ini sering di derita pada usia muda dan berisiko 10 kali pada pria dibandingkan wanita. Penatalaksanaan invasif amoeba sebaiknya dilakukan pemberian amebisid jaringan, seperti metronidazol dan tinidazole.

Objektif: Meningkatkan kemampuan dalam menegakkan diagnosa serta menatalaksana abses hepar amoeba dengan empiema.

Metode: Laporan kasus

Laporan Kasus: Telah dirawat seorang pasien laki–laki, usia 42 tahun di bagian Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang dengan abses hepar amoeba dengan empiema ec abses hepar amoeba. Keluhan utama pada pasien berupa sesak napas dan nyeri perut kanan atas sejak 1 minggu yang lalu. Pemeriksaan fisik hemitoraks kanan pasien didapatkan suara napas menghilang setinggi RIC II, dan pemeriksaan fisik abdomen terdapat nyeri tekan hipokondrium kanan dan hepatomegali. Pemeriksaan laboratorium terdapat leukositosis 15.970/mm3, dan anti amoeba positif 92,4. Rontgen toraks pasien didapatkan kesan efusi pleura masif dekstra dan USG abdomen terdapat lesi desak ruang ukuran 11,57cm x 9,65cm dengan kesan abses hepar dd/ hepatoma. Pada pasien diberikan terapi metronidazole injeksi 3x750mg selama 10 hari dan selama rawatan pasien menunjukkan perbaikan secara klinis.

Kesimpulan: Kejadian abses hepar pada kasus ini merupakan suatu proses peradangan yang disebabkan oleh amoeba.  Terjadinya empiema pada kasus ini merupakan komplikasi hepatopulmoner secara langsung dari abses hepar.

Published
2023-06-15
Section
Case Report