Gambaran Self Directed Learning Readiness Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

  • Edwido Leonori Saputra Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas
  • Dian Pertiwi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas
  • Yose Ramda Ilhamdi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas
Keywords: student centered learning, self directed learning readiness, SDLRS

Abstract

 

Latar Belakang : Metode belajar student centered learning telah digunakan dan diaplikasikan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Andalas sejak tahun 2004. Untuk mengikuti pembelajaran dengan metode SCL ini mahasiswa perlu memiliki self directed learning readiness. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana self directed learning readiness mahasiswa FK Unand.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan Cross sectional. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa program studi kedokteran FK Unand, menggunakan metode stratified random sampling didapatkan sampel tiap angkatan 2016, 2017, 2018, 2019 secara berurutan adalah 72, 75, 80, 74 mahasiswa. Pengambilan data penelitian ini menggunakan kuesioner SDLRS yang diadaptasi oleh Zulharman et al. Data penelitian dianalisa menggunakan analisis univariat.

Hasil : Mahasiswa program studi kedokteran FK Unand tergolong memiliki SDLR tinggi karena sebanyak 221 (73,4%) mahasiswa memiliki skor SDLR tinggi dan sebanyak 80 (26,6%) mahasiswa memiliki skor SDLR sedang-rendah. Rata-rata skor SDLR tertinggi dimiliki oleh angkatan 2016 yang motivasi dan kontrol dirinya juga tinggi. rata-rata skor SDLR terendah dimiliki oleh angkatan 2017 yang manajemen diri dan kontrol dirinya juga rendah, sedangkan untuk 2018 memiliki manajemen diri yang baik tetapi rendah dalam motivasi belajar.

Kesimpulan : Self directed learning readiness mahasiswa program studi kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas berada dalam kategori baik.

Kata kunci : student centered learning, self directed learning readiness, SDLRS

Published
2021-05-24
Section
Research Articles