Hubungan Tekanan Darah dengan Volume Perdarahan Intraserebral Berdasarkan Hasil CT Scan Kepala

  • Sri Rahma Liza Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas
  • Tuti Handayani Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas
  • Ade Asyari Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas

Abstract

Latar Belakang. Perdarahan intraserebral merupakan subtipe stroke hemoragik yang dapat menyebabkan kematian dan kecacatan. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan besarnya volume perdarahan intraserebral.

Objektif. Penelitian ini untuk mengetahui hubungan tekanan darah saat masuk rumah sakit dengan volume perdarahan intraserebral pada pasien stroke hemoragik berdasarkan hasil CT scan kepala.

Metode. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 35 orang. Sampel penelitian adalah pasien yang didiagnosis perdarahan intraserebral stroke hemoragik berdasarkan hasil CT scan kepala di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian dilaksanakan pada November – Desember 2020. Analisis data menggunakan analisis bivariat dengan uji korelasi Fisher’s Exact Test.

Hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar pasien dengan tekanan darah tinggi (77,1%) dan volume perdarahan terbanyak yaitu >30 mL (62,9%). Terdapat hubungan yang bermakna secara statistik antara tekanan darah dengan volume perdarahan intraserebral dengan nilai p=0,032.

Kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan tekanan darah dengan volume perdarahan intraserebral.

Kata kunci: Tekanan Darah, Perdarahan Intraserebral, Volume Perdarahan, CT Scan.

Published
2022-05-16
Section
Research Articles