Perbandingan Persentase Eliminasi Bakteri pada Cuci Tangan Enam Langkah dan Empat Langkah

  • Annisa Widi Rizkia Fakultas Kedokteran Universitas Andalas
  • Andani Eka Putra Fakultas Kedokteran Universitas Andalas
  • Nurhayati Nurhayati Fakultas Kedokteran Universitas Andalas
Keywords: 4 langkah cuci tangan, 6 langkah cuci tangan, eliminasi bakteri

Abstract

Latar Belakang. Salah satu tahap kewaspadaan standar yang efektif dalam pencegahan dan pengendalian infeksi terkait pelayanan kesehatan yang tercantum dalam PERMENKES RI no. 27 tahun 2017 ialah mencuci tangan. Mencuci tangan dapat mengurangi bakteri sampai 90%. Sampai saat ini, cuci tangan 6 langkah sesuai standar WHO merupakan metode yang paling efektif dalam mengeliminasi mikroorganisme pada tangan.

Objektif. Tujuan penelitian ini untuk membandingkan keefektifan dari metode 6 langkah yang merupakan metode mencuci tangan sesuai standar WHO dibandingkan dengan metode 4 langkah yang merupakan modifikasi peneliti terhadap standar WHO.

Metode. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan posttest and pretest control group design terhadap 12 orang subjek penelitian yang merupakan mahasiswa/i FK UNAND angkatan 2015. Subjek penelitian dibagi menjadi 2 kelompok: kelompok yang mencuci tangan menggunakan 6 langkah dan 4 langkah. Sampel yang diambil pada 3 area di tangan setiap subjek tersebut.

Hasil. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa rata-rata persentase eliminasi bakteri Bacillus sp. adalah lebih dari 80% pada kedua kelompok. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan (p>0,05) pada kedua kelompok perlakuan.  Namun, hasil rata-rata persentase eliminasi keseluruhan bakteri pada tangan  menunjukkan perbedaan yang signifikan (p<0,05) antar kelompok, dimana kelompok yang mencuci tangan menggunakan metode 6 langkah (>75%)  lebih tinggi persentase eliminasi bakteri dibandingkan dengan  4 langkah (<45%).

Kesimpulan. Tidak terdapatnya perbedaan persentase eliminasi bakteri Bacillus sp. pada mencuci tangan 6 langkah dan 4 langkah. Namun, terdapat perbedaan persentase eliminasi bakteri secara keseluruhan pada mencuci tangan 6 langkah dan 4 langkah.

Published
2020-11-16
Section
Research Articles