Hubungan Vaskularisasi Tumor Menggunakan Spektral Pulse Wave Doppler Dengan Respon Kemoterapi Neoadjuvant Pada Kanker Serviks Stadium IB2 Dan IIA2

  • Nindya Rahmadita Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas
  • Syamel Muhammad Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas
  • Ardian Riza Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas

Abstract

Abstrak

     Kanker serviks merupakan pertumbuhan abnormal atau  perubahan sel di dinding serviks, yang menduduki urutan ke 4 kanker paling umum terjadi di kalangan wanita dan urutan ke 2 kanker paling umum terjadi pada wanita usia 15 – 44 tahun di seluruh dunia.  Neovaskularisasi merupakan langkah penting dalam penentuan onset dan progresifitas kanker. Kemoterapi neoadjuvant telah dievaluasi sebagai strategi pengobatan pada tahap IB2 dan IIA2. Penggunaan obat kemoterapi lebih efektif pada vaskularisasi yang berdekatan dan teratur sehingga memungkinkan aliran darah ke organ tersebut lebih cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan vaskularisasi tumor menggunakan Spektral Pulse Wave Doppler dengan respon kemoterapi neoadjuvant pada kanker serviks stadium IB2 dan IIA2. Penelitian ini merupakan studi analitik cohort yang dilakukan pada 36 orang pasien kanker serviks stadium IB2 dan IIA2. Pengambilan sampel  dilakukan dengan teknik consecutive sampling. Data meliputi hasil pemeriksaan ultrasonografi (vaskularisasi dan volume tumor). Data dianalisis meggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian pada vaskularisasi tumor yang baik dan buruk memiliki respon baik terhadap pemberian kemoterapi neoadjuvant sebanyak 30 orang (83,3%). Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara vaskularisasi tumor menggunakan Spektral Pulse Wave Doppler dengan respon kemoterapi neoadjuvant pada kanker serviks stadium IB2 dan IIA2.

Kata kunci: vaskularisai tumor menggunakan Spektral Pulse Wave Doppler, respon kemoterapi neoajuvant, kanker serviks stadium IB2 dan IIA2.

Published
2022-05-16
Section
Research Articles